Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Peternakan

Apa yang dimaksud dengan peternakan

Apa yang dimaksud dengan peternakan

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan.

Apa yang dimaksud dengan peternakan dan berikan contohnya?

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan pemeliharaan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Hewan yang banyak diternakkan di antaranya sapi, ayam. kambing, domba, dan babi. Hasil peternakan di antaranya daging, susu, telur, dan bahan pakaian (seperti wol).

Apa yang dimaksud dengan ternak hewan dan peternakan?

Ternak adalah hewan yang dengan sengaja dipelihara sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Usaha pemeliharaan ternak disebut sebagai peternakan (atau perikanan, untuk kelompok hewan tertentu) dan merupakan bagian dari kegiatan pertanian secara umum.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan peternakan brainly?

Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.

Apa tujuan dari peternakan?

Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip – prinsip manajemen pada faktor – faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Berdasarkan ukuran hewan ternak, bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, kuda.

Apa saja bentuk kegiatan peternakan?

Contoh Usaha Peternakan Besar

  1. Peternakan Sapi Potong. Sapi potong merupakan salah satu usaha peternakan yang memiliki kontribusi banyak sebagai penghasil daging guna memenuhi sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia.
  2. Peternakan Sapi Perah. ...
  3. Peternakan Kerbau. ...
  4. Peternakan Kuda.

Apa saja hasil peternakan dan manfaatnya?

Mengutip dari buku buku Kayanya Negeriku yang diterbitkan oleh Kemendikbud RI, berikut adalah contoh hasil peternakan dan pemanfaatannya di kehidupan manusia.

  • Daging sapi dan kambing: sumber protein hewani.
  • Daging dan telur ayam: sumber protein hewani.
  • Ulat sutera: bahan baku kain sutera.
  • Lebah: menghasilkan madu.

Peternakan termasuk jenis usaha apa?

Peternakan Peternakan adalah kegiatan ekonomi budi daya hewan. Ada beragam hasil peternakan, seperti daging, telur, susu, kulit, dan bulu. Usaha peternakan bisa dilakukan dalam beberapa skala, yaitu skala kecil dan skala besar. Peternakan skala kecil biasanya dilakukan oleh masyarakat.

Apa yang dihasilkan dari usaha peternakan?

Jawaban: Ayam, menghasilkan, telur, daging. bebek, menghasilkan telur, daging. Kerbau, dapat dimanfaatkan daging, tenaganya untuk membajak sawah, kulit kerbau, dll.

Hewan apa saja yang ada di peternakan?

Halaman-halaman dalam kategori "Hewan ternak"

  • Alpaka.
  • Ayam broiler.
  • Ayam Buckeye.
  • Ayam peliharaan.

Apa peran peternakan dalam kehidupan manusia?

Peternakan mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan setidak-tidaknya dalam 4 hal strategis yaitu : 1) Peternakan untuk menyediakan pangan terutama untuk memenuhi kebutuhan rakyat akan protein hewani, 2) Peternakan untuk sumber pendapatan dan kesempatan kerja, 3) Peternakan untuk USAha pertanian yang

Apa perbedaan antara hewan dan ternak?

Hewan peliharaan umumnya adalah hewan jinak atau hewan liar yang bisa dijinakkan. Sedangkan hewan ternak adalah hewan yang dikembangbiakkan sampai menjadi banyak, sehingga hasilnya bisa dikonsumsi manusia atau dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Apa manfaat peternakan brainly?

Jawaban. Manfaat peternakan adalah bisa menghasilkan sesuatu dari hewan yg diternakan. Contoh : berternak ayam akan menghasilkan telur ayam, dll. Kerugian dari peternakan adalah rentan penyakit.

Peternakan dibagi menjadi 3 apa saja?

Usaha peternakan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Jenis Usaha Peternakan Besar. Usaha peternakan besar merupakan kegiatan usaha yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan dengan ukuran besar.
  • 2. Jenis Usaha Peternakan Kecil. ...
  • 3. Jenis Usaha Peternakan Unggas.

Apa tujuan dari peternakan hewan kecil?

Manfaat beternak hewan-hewan kecil adalah untuk diambil susu, daging, dan kulitnya. Ayam, bebek, angsa, itik, dan puyuh merupakan beberapa contoh hewan unggas yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Apakah manfaat penting dari usaha peternakan di Indonesia?

Peternakan mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan setidak-tidaknya dalam 4 hal strategis yaitu : 1) Peternakan untuk menyediakan pangan terutama untuk memenuhi kebutuhan rakyat akan protein hewani, 2) Peternakan untuk sumber pendapatan dan kesempatan kerja, 3) Peternakan untuk usaha pertanian yang

Apa sumber daya alam peternakan?

Sumber daya alam yang digunakan oleh peternak adalah: Sumber Daya Alam Air, untuk minum dan mandi ternak. Sumber Daya Alam Nabati, untuk makanan ternak\ Sumber Daya Alam Hewani, jangkrik untuk makanan unggas.

Apa manfaat dari usaha peternakan?

Dimanfaatkan sebagai sumber pangan, misalnya dikonsumsi telurnya, dagingnya, susunya, dan madunya. Dimanfaatkan sebagai sumber sandang, misalnya diambil bulunya untuk dijadikan benang wol, ataupun ulat sutera yang dimanfaatkan untuk menghasilkan benang sutra guna memenuhi kebutuhan sandang.

Apa manfaat sumber daya alam peternakan?

Jawaban. Manfaat sumber daya alam hewani yang pertama adalah sebagai sumber pangan. Peternakan adalah tempat yang di buat oleh manusia untuk membudidayakan hewan ternak secara luas. Peternakan merupakan kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa ikut belajar memperhatikan perkembangan ternak yang di kembang biakkan.

Peternak bekerja di bidang apa?

Peternak merupakan pengusaha hewan ternak. Di Indonesia, hewan ternak biasanya berupa sapi, kambing, domba, ayam, kalkun, bebek, ikan hias, ikan air tawar, lobster air laut, dan sebagainya. Peternak membudidayakan hewan ternak di ladang atau padang peternakan tergantung dengan hewan yang diternak.

12 Apa yang dimaksud dengan peternakan Images

Pin di kandang sapi modern

Pin di kandang sapi modern

ini dia Pupuk cair biofertilizer  Food Takeout container

ini dia Pupuk cair biofertilizer Food Takeout container

shot by febrian taken at De Ranch  DeRanch memberikan nuansa

shot by febrian taken at De Ranch DeRanch memberikan nuansa

fragmentasi pada planaria  Siklus hidup Ipa Hidup

fragmentasi pada planaria Siklus hidup Ipa Hidup

12 Meme Ayam Paling Gokil dan Kocak yang Bikin Ngakak  Dunia Fauna

12 Meme Ayam Paling Gokil dan Kocak yang Bikin Ngakak Dunia Fauna

ilustrasi berbagai macam hewan Live Domba Kambing Sapi ilustrasi

ilustrasi berbagai macam hewan Live Domba Kambing Sapi ilustrasi

apa yang dimaksud dengan PKWT dan PKWTT apa ya perbedaannya  Belajar

apa yang dimaksud dengan PKWT dan PKWTT apa ya perbedaannya Belajar

Apakah yang dimaksud dengan hewan amfibi

Apakah yang dimaksud dengan hewan amfibi

12 Unik desain kandang ayam jawa Canggih Kandang Ayam Modern Ini Bikin

12 Unik desain kandang ayam jawa Canggih Kandang Ayam Modern Ini Bikin

Gambar Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal  Kolam Terpal Kolam ikan

Gambar Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Kolam Terpal Kolam ikan

SPANDUK MENJUAL HEWAN QURBAN  Hewan Spanduk

SPANDUK MENJUAL HEWAN QURBAN Hewan Spanduk

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Peternakan"